Trip Ke Dieng – Rute / Jalur Dari Batang

Halo rekan2. Apa kabar?
Pasti sudah pernah dengar dataran tinggi Dieng.. Malah mungkin sudah ada yang pernah berkunjung ke sana. Keren ya? Banyak tempat tujuan wisata, baik itu wisata bersejarah, wisata panorama alam, maupun wisata penelitian gunung berapi yang masih aktif kumpul jadi satu di Dieng Plateau.

Nah, saya mau membahas mengenai rute untuk menuju Dieng. Dikutip dari website http://www.panduanwisatadieng.com, ada beberapa pilihan rute menuju ke Dieng yaitu :

Start Dari Yogyakarta Yogyakarta Sleman Tempel Magelang Secang Temanggung Parakan Kertek Wonosobo Garung Kejajar Dieng
Start Dari Solo Solo Kartasura Boyolali Ampel Salatiga Bawen Ambarawa Secang Temanggung Parakan Kertek Wonosobo Garung Kejajar Dieng
Start Dari Semarang Semarang Ungaran Bawen Ambarawa Secang Temanggung Parakan Kertek Wonosobo Garung Kejajar Dieng.
Start Dari Magelang Magelang Secang Temanggung Parakan Kertek Wonosobo Garung Kejajar Dieng
Start Dari Purwokerto Purwokerto Sokaraja Purbalingga Bukateja Klampok Banjarnegara Selomerto Wonosobo Garung Kejajar Dieng.
Start Dari Purworejo Purworejo Loano Kepil Sapuran Kalikajar Kertek Wonosobo Garung Kejajar Dieng
Start Dari Kebumen Kebumen Wadaslintang Kaliwiro Selomerto Wonosobo Garung Kejajar Dieng
Start Dari Pekalongan Kajen Linggoasri Paninggaran Kalibening Wanayasa Batur Dieng.

Ke Dieng Naik Bus

Ke Dieng Dari Jakarta:
Dari Terminal Lebak Bulus, atau Rawamangun, atau Kampung Rambutan, cari Bus jurusan Wonosobo. Sesampai di Wonosobo turun di terminal Mendolo, dari Mendolo naik angkot warna kuning ke Kota Wonosobo, Dari kota Wonosobo naik microbus jurusan Dieng.

Ke Dieng Dari Bandung:
Hampir sama seperti rute dari Jakarta ke Dieng Dari Terminal Cicaheum Bandung , cari Bus jurusan Wonosobo (ex: Po. Handoyo atau SinarJaya). Sesampai di Wonosobo turun di terminal Mendolo, dari Mendolo naik angkot warna kuning ke Kota Wonosobo, Dari kota Wonosobo naik microbus jurusan Dieng.

Ke Dieng Dari Semarang:
Dari terminal Terboyo cari Bus jurusan Wonosobo. Sesampai di Wonosobo turun di terminal Mendolo, dari Mendolo naik angkot warna kuning ke Kota Wonosobo, Dari kota Wonosobo naik microbus jurusan Dieng.

Ke Dieng Dari Jogja:
Dari Terminal Umbul Harjo atau Jombor cari Bus jurusan Magelang, Dari Magelang ke Wonosobo. Sesampai di Wonosobo turun di terminal Mendolo, dari Mendolo naik angkot warna kuning ke Kota Wonosobo, Dari kota Wonosobo naik microbus jurusan Dieng.

Ke Dieng Dari Purwokerto:
Dari terminal Purwokerto cari Bus jurusan Wonosobo. Sesampai di Wonosobo turun di terminal Mendolo, dari Mendolo naik angkot warna kuning ke Kota Wonosobo, Dari kota Wonosobo naik microbus jurusan Dieng.

Nah komplit ya, hehe.. Memang ke Dieng sementara baru bisa menggunakan kendaraan via jalur darat. Belum ada kereta maupun bandara untuk mencapainya. Saya akan coba bahas dari rute yang kemarin saya lalui yaitu via kabupaten Batang.

Jalur yang dilalui sejak dari Alun-alun Batang berupa 2 jalur lebar sekitar 6 meter berupa aspal. Lumayan bagus aspalnya membuat saya bisa melaju di kecepatan 50-60 km/jam. Setelah melewati Blado, Anda akan menyusuri jalan beton yang semakin menyempit dan kemudian bertemu tempat wisata yang Instagrammable lho, namanya Sikembang – kawasan hutan Pinus yang disulap jadi tempat bermain dan berfoto ria. Foto-fotonya bisa dilihat di link ini.

Nah setelah melewati Sikembang ini, Anda akan mengikuti jalan menanjak dan berkelok-kelok melewati hutan dan ladang.

Agak was-was juga apabila kendaraan mengalami masalah karena rumah penduduk berjauhan dan bengkel pun sudah dipastikan tidak dekat jaraknya. Mobil saya pun sempat hampir overheat (ditandai temperatur mesin mendekati warna merah), sehingga memaksa saya berhenti 3 kali untuk mendinginkan mesin dan menambah cairan radiator. Ada dua kendaraan yang ikut berhenti, yang satu karena sudah kebanyakan membakar ampas kopling, yang satu lagi tidak sanggup menanjak karena kepenuhan! haha.. Rasa tegang dan khawatir sedikit terobati dengan pemandangan perkebunan dan gunung di kanan-kiri jalan yang sebagian dikelilingi kabut, meskipun tegangnya datang terus hehe..

Para penumpang menyempatkan diri berpose ria untuk melepas ketegangan yang masih dirasa oleh sopir, haha.. Kurang asem!

Jalur Dieng via Batang ini merupakan jalur tercepat apabila Anda melewati Pantura, ditempuh dalam waktu 2 jam 30 menit (menurut mbah Google). Tetapi rute tanjakan yang berkelok-kelok dan ekstrim mengharuskan Anda untuk mempersiapkan kendaraan supaya lebih prima (rem, kopling, radiator, mesin, dll). Gak mau khan kalau sampe mogok dan harus bermalam di tengah hutan? Hiiiyy..

Ada pula kaskuser yang mereview perjalanannya di link ini, video review jalannya dari Batang – Dieng di sini, sedangkan video dari Dieng – Batang ada di sini

Advertisements

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

5 thoughts on “Trip Ke Dieng – Rute / Jalur Dari Batang”

1. Sy bantu jawab om…rata rata jln cukup bagus dan tidak begitu sempit..mulai perbatasan kab Batang (Blado) dgn Kab Banjar negara banyak pengerjaan pengecoran jalan.

1. Maturnuwun juga om Sigit udah mampir. Nah setelah batur – sikembang jalannya mulai naik belok2. Saran sih kalo pakai mobil matic pakai manual triptronicnya dan naik pelan2. Sy pakai matic digeber trs sampe temp hampir overheat, hehe.. Save trip ya om. Ekstra hati2 kalo jalan hujan krn licin

2. Sy kemarin (7/8/2017) lewat jalur ini dari Dieng batur ke Brebes via Bandar, ternyata jalurnya cukup nyaman , banyak pengerjaan cor cor an jalan. Dari Dieng Batur jam 15,00 sampai di Bandar jam 16.20. Ada sebagian jalan yg belum bagus (berbatuan) tapi masih layak utk di lewati. Tidak banyak mobil pribadi yg sy temui melewati jalur ini..yang sering ditemui mobil2 pickup l300 angkutan sayuran. Nyaman sekali kami lewati jalur ini. Kami menggunakan kendaraan pajero bersama keluarga.