Bisnis Tutup Botol Jadikan Jutawan

Bisnis Maddie yang sederhana beromset jutaan dollar

Advertisements

 

Bisnis tak harus dimulai dari hal yang sudah awam dikenal orang atau dari penelitian rumit. Coba simak gadis remaja asal Amerika, Maddie Bradshaw yang menciptakan bisnis dari tutup botol. Ya, tutup botol!

Seperti dilansir situs Consumer News dan Business Channel (CNBC), lewat artikelnya yang berjudul “Inventions By Kids”, awal kesuksesan Maddie dimulai saat dia berusia 10 tahun. Saat itu, Maddie yang masih duduk di bangku sekolah bingung menghias lokernya; karena hiasannya harus unik dan tidak pasaran seperti milik siswa lain. Secara kebetulan, pada waktu itu pamannya yang memiliki mesin coke tua memberikan Maddie 50 tutup botol bekas untuk digunakan sebagai penghias. Hal ini dirasa sangat wajar, karena menurut Maddie dia berasal dari keluarga kreatif yang gemar mendaur ulang barang yang sudah tidak berguna. “Aku dan keluargaku memang telah terbiasa dengan kreativitas, bahkan sejak kecil aku juga terbiasa dengan kegiatan mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai lagi,” ujarnya seperti yang dilansir dari CNBC.

Sejak itu, muncullah ide untuk melukis dan memberikan magnet di bagian belakang tutup botol bekas tersebut. Setelah selesai dibuat, Maddie menempelkan hiasan buatan tangan itu di loker miliknya. Tak disangka ternyata hiasan buatan Maddie ini sangat menarik dan unik, sehingga banyak digemari sebagian besar teman sekolahnya. Bahkan, beberapa dari teman dekatnya juga meminta dia membuatkan hiasan yang unik tersebut. Makin hari hiasan tutup botol buatan Maddie menjadi dikenal dan dipesan banyak orang. Dengan makin banyaknya permintaan, gadis cantik ini menjadi terinspirasi untuk membuka usaha pembuatan hiasan dari tutup botol.

 

Setelah melakukan berbagai persiapan, tepatnya pada 2006, dia akhirnya mendirikan perusahaan yang diberi nama M3 Girl Desain yang menawarkan berbagai tutup botol cantik yang bisa dijadikan hiasan. Maddie mengaku bahwa bisnis ini dimulai dengan uang simpanan pribadinya sebesar 300 dolar AS. “Itu uang hasil simpananku yang aku dapatkan saat hari ulang tahun dan natal,” kata gadis belia yang berasal dari Dallas, Texas ini. Untuk menjalankan perusahaannya tersebut Maddie dibantu ibu dan adiknya bernama Margot yang masih berusia 9 tahun. Dalam bisnis ini, ibu Maddie bertugas menangani masalah keuangan, sedangkan Margot bertugas membantunya dalam proses produksi, yaitu dari penentuan gambar, melukis, hingga pengemasan produk tersebut. “Selera dan keahlian seni Margot memang sangat baik. Oleh karena itu, aku meminta bantuannya untuk menjalankan bisnis ini bersama-sama,” ungkap Maddie seperti yang dilansir dari inspiremetoday.com.

Untuk proses pemasaran, mereka melakukannya bersama-sama. Awal pemasaran perhiasan yang diberi nama snap caps ini, mereka mulai dengan cara menitipkannya pada salah satu toko mainan yang berada dekat lingkungan tempat tinggalnya. Karena sebelumnya sudah cukup dikenal, tak disangka ternyata hanya perlu waktu dua jam untuk menjual habis produknya tersebut. Sehingga mulai sejak itu, bisnis Maddie makin berkembang pesat dan dikenal masyarakat luas. Bahkan dalam usianya yang ke-13, Maddie berhasil meraih untung hingga jutaan dolar AS.

Selain menawarkan kalung dan gelang yang di hias dengan berbagai tutup botol cantik yang telah dilukis dan diberi magnet, saat ini Maddie juga menawarkan berbagai produk lain seperti jepit rambut, kuncir rambut, buku jurnal, kartu pos,dan notes yang dipercantik dengan snap caps. Kesemua produk ini ditawarkan Maddie dengan kisaran harga mulai 6,99 hingga 10,99 dolar AS. Keberhasilan Maddie menjalankan M3 Girl Desain memang tidak perlu diragukan lagi. Buktinya kini dia memiliki 40 karyawan untuk membantunya menjalankan bisnis tersebut.

Selain itu dari segi penjualan, snap caps juga telah berhasil menjadi hiasan yang paling digemari para remaja Amerika. Bahkan kini, beberapa artis muda Hollywood menjadikan snap caps sebagai salah satu aksesori yang mereka kenakan. Tak hanya sibuk membuat perhiasan, saat ini Maddie juga dikenal sebagai seorang penulis buku enterpreneur. Lewat bukunya yang berjudul “You can Start Business Too,” Maddie mengajarkan para pembaca untuk tidak ragu dalam memulai suatu bisnis. Situs toydirectory mengatakan bahwa kini tiap bulan Maddie mampu menjual lebih dari 60.000 kalung snap caps, yang tersedia di 2.500 toko yang ada di kawasan Amerika. Dengan semua keberhasilan tersebut, kini Maddie dinobatkan sebagai salah satu jutawan muda di dunia. (*/Koran Sindo)

sumber

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

2 thoughts on “Bisnis Tutup Botol Jadikan Jutawan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s