Pentingnya TIME MANAGEMENT bag.1

Begitu mudahnya perhatian kita teralihkan pada hal lain. Bila tidak pintar memilah, maka bisa jadi tidak satupun tugas akan selesai

Advertisements

Kenapa penting? Seseorang untuk bisa maju dalam era yang sarat informasi dan hiburan ini harus punya manajemen waktu. Begitu mudahnya perhatian kita teralihkan pada hal lain. Bila tidak pintar memilah, maka bisa jadi tidak satupun tugas akan selesai, dan Anda hanya dapat menyesali waktu yang telah hilang dalam satu hari.

 

Stephen Covey di bukunya 7 Habit of Highly Effective People menuliskan sebuah pertanyaan bagaimana memasukkan berbagai macam ukuran batu ke dalam suatu botol sehingga dapat memuat banyak. Apabila kita masukkan batu kerikil dan pasir dahulu, maka botol akan penuh sehingga batu berukuran besar tidak bisa masuk. Sebaliknya, jika batu besar yang dimasukkan dahulu, maka batu kerikil dan pasir masih dapat masuk melewati sela-sela batu besar. Jadi pilah dulu tugas yang bersifat mendesak, rutin, atau bisa didelegasikan. Dari hasil pemilahan tersebut, kerjakan yang penting dan mendesak dahulu.

 

Dalam bukunya The Millionaire in You, Michael LeBoeuf menuliskan pula pentingnya manajemen waktu. Menurut dia, untuk bisa menjadi pribadi efektif, tuliskan di awal hari lima tugas penting yang harus dikerjakan, lalu selesaikan sesegera mungkin. Bahkan dia sering menemukan semua tugas tersebut sudah selesai hanya dalam beberapa jam.

 

Bersambung ya..

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s