Tantangan Kaum Minoritas

Menjadi berbeda, berpandangan berbeda, punya sikap dan perilaku berbeda, memang tidaklah mudah. Ada kemungkinan Anda dijauhi, dikritik, dicela, bahkan dijatuhkan.

Advertisements

Menjadi berbeda, berpandangan berbeda, punya sikap dan perilaku berbeda,  memang tidaklah mudah. Ada kemungkinan Anda dijauhi, dikritik, dicela, bahkan dijatuhkan.

Coba perhatikan sistem pendidikan di Indonesia, di mana murid harus mengikuti persis perintah/rumus dari guru dalam mengerjakan suatu soal. Bahkan pengalaman saya ketika mengerjakan soal matematika/fisika dengan cara/rumus berbeda meskipun hasil akhirnya sama, tetap tidak mendapat nilai, bahkan dipertanyakan dari hasil mencontek, nah lho?

Kebanyakan orang memilih untuk menjadi follower/pengikut karena sebenarnya mereka tidak mempunyai tujuan yang jelas. Mereka hidup dalam kerangka pemikiran dan aturan orang lain, menyangkal keunikan sebagai pribadi yang berharga, mematikan kreatifitas sendiri dan amat takut berbuat salah, karena sadar, bahwa berpikir sendiri berarti berpeluang besar untuk membuat kesalahan. Padahal keunikan pribadi kitalah yang membuat kita berharga sebagai manusia. Tidak jarang saya bertemu profesional muda yang bekerja setengah hati karena sudah terlanjur salah mengambil jurusan atas desakan orang tua.

Memang, awalnya terasa tidak mudah, apalagi menghadapi banyak orang yang kita sayangi di sekitar yang memberikan pandangan-pandangan yang menurut mereka baik, tapi belum tentu untuk kita baik. But this is your life, not theirs. Tanggung jawab Anda adalah kepada sang Pencipta, bagaimana dengan pilihan Anda itu dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Anda harus berani mendesain hidup anda sendiri, berani salah di dalam pilihan yang anda buat, berani gagal dalam keputusan yang telah anda ambil, namun kemudian berani bangun dari kegagalan, dan akhirnya berani meninggal di dalam jalan hidup yang telah anda pilih sendiri.

Once again, it’s my life, our life!

Setuju?

 

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s