Be, Do, Have

Apa sih Be, Do, Have itu?

Advertisements

Apa sih yang dimaksud Be, Do, Have?

Be = Menjadi

Do = Melakukan

Have = Mempunyai.

Be, Do, Have merupakan tahap- tahap yang harus dimiliki oleh orang untuk menjadi sukses dan ketiganya saling bersinergi. Banyak orang yang langsung ingin Mempunyai (Have), tanpa melewati proses Be dan Do. Percaya atau tidak, setelah orang itu pada tahap Have, dia kan jatuh lagi kembali ke keadaan semula. Pernah dengar seseorang yang kaya mendadak karena menang undian tetapi dalam setahun uangnya sudah habis? Atau Anda tahu kisah Mike Tyson yang menghasilkan uang sekitar 35juta USD dan dinyatakan bangkrut pada umr 40 tahun dengan hutang sekitar 35juta USD?

Orang yang mental, mindset, habit atau do-nya adalah orang miskin, walaupun sekarang kaya dia akan tetap miskin. Orang-orang kaya dan sukses tahu, bahwa untuk menjadi have, mereka harus mengatur pola mindset, mengatur sikapnya sehari-hari, mengatur tindakannya sehari-hari, baru dia menjadi kaya sebenarnya.

Contoh Be untuk menjadi kaya adalah Anda berusaha membuat nilai tambah. Melatih mindset untuk memprioritaskan membangun aset daripada mengeluarkannya ke arah konsumerisme. Melatih kebiasaan dan sikap sehari-hari menuju ke kesuksesan. Be adalah kualitas Anda sebagai manusia.

Contoh Do untuk menjadi kaya adalah Take Action pada Be yang Anda bayangkan dan latih dengan cara smart.

Be dikali Do sama dengan Have (BE x DO = HAVE).

Coba pada kasus 1, Be =1, Do = 10 maka Have = 10. Maka Anda akan melakukan Do lebih keras lagi untuk mencapai misalnya Have 100. Itu akan sangat melelahkan dan menguras pikiran serta waktu Anda. Tetapi coba lihat pada kasus 2, dimana Anda meningkatkan kualitas pribadi Anda, sehingga dengan Be = 10, Do = 1, Anda akan mendapat Have 10. Atau Be = 100, Do = 1, Have = 100. Hal ini yang menjelaskan mengapa orang kaya lebih santai, main golf, jalan-jalan ke luar negeri, tetapi tetap menghasilkan uang lebih besar dari seorang karyawan yang berdedikasi penuh tanpa cuti kepada perusahaan.

Jadi? Berbeda sekali bukan?

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s