Bentuk-Bentuk Self Excuse

Pernah merasa ketika harus bangun pagi, Anda mematikan weker dan berkata, “ah.semalam khan begadang

Advertisements

Apa sih Self Excuse?

Pernah merasa ketika harus bangun pagi, Anda mematikan weker dan berkata, “ah.semalam khan begadang karena ini, karena itu, jadi enggak apa-apa kalau bangun agak telat”; atau ketika mengerjakan suatu tugas, tiba-tiba Anda di-sabotase oleh banyak hal, misalnya “lah ini khan waktunya liburan, udah akhir minggu, ngapain harus bersusah payah bikin presentasi?”;

Atau contoh lain ketika aku datang mengunjungi seorang teman di luar kota (dan kebetulan dia sedang diet karena sudah mulai overweight). Rusaklah sudah dietnya ketika dia diingatkan istrinya dan tetap bersikeras “aku khan pemakan sosial.” (menurut istilah temanku, itu artinya makan hanya ketika menjamu teman atau kerabat yang datang berkunjung). Aku sampai geleng-geleng kepala ketika dia selalu mengajakku makan berkali-kali tanpa sepengetahuan istrinya. Mungkin temanku ini terinspirasi excuse yang dibuat adiknya ketika ditegur karena merokok. “Aku perokok sosial kok, merokok hanya kalau ada teman-teman yang merokok.”

Self excuse adalah bentuk sabotase dari dalam diri ketika kebutuhan manusia akan kenyamanan terganggu. Menurut Tung Desem Waringin, manusia cenderung mencari nikmat menghindari sengsara. Dengan berbagai macam alasan, dia berusaha mempertahankan kenyamanan. Apakah kenyamanan dengan makan, dengan merokok, dengan beristirahat, dan kenyamanan lainnya. Bentuk sabotase inilah yang menghambat seseorang untuk bisa berubah lebih baik, lebih maju, dan lebih-lebih lainnya ke arah yang positif.

Mungkin salah satu kelebihan dari self excuse ini adalah orang menjadi lebih kreatif untuk membuat berbagai alasan..

Pemakan sosial? Perokok sosial? Haha.. ada-ada saja..

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s