Obesitas dan Overweight

Kemarin malam saya bertemu seorang ibu-ibu berumur 80 tahun yang overweight duduk di kursi roda. Saking gemuknya dia bahkan tidak bisa berdiri untuk menimbang badannya. Saya jadi teringat film Johnny Deep berjudul What’s Eating Gilbert Grape,

Dimana dia berperan sebagai seorang anak dari ibu yang overweight. Setiap hari ibunya hanya tidur di atas kasur di lantai dua. Ironisnya ketika ibunya akhirnya meninggal mereka harus membakar seluruh rumahnya untuk meng-kremasi jasad ibunya.

Saya kemudian berpikir bagaimana bisa seseorang melampiaskan nafsu makannya sampai berat badannya sedemikian besarnya?

Sebagai contoh lagi dari dunia perfilman, saya pernah melihat aktor Christian Bale menguruskan 28 kg badannya di film The Machinist hanya dalam beberapa bulan sampai menjadi kurus kering tulang dibalut kulit.

christian bale

Ada beberapa yang menyebutkan bahwa kebiasaan makan berlebihan sejak kecil dan obesitas berhubungan dengan faktor psikologis (emosi, stress, depresi). Baca lebih lanjut di sini dan sini. Tetapi sebagai pribadi dewasa dan mengerti hal-hal yang baik dan buruk bagi tubuh, seharusnya obesitas bisa diatasi dengan keinginan kuat dari diri dalam masing-masing.

Nah, aktor saja bisa menguruskan badan atau menaikkan berat badan demi tuntutan akting. Bagaimana dengan Anda, yang notabene menguruskan berat badan demi kesehatan?

Advertisements

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s