Marketing Rasa Takut

Ada satu bentuk promosi yang bisa dipakai sebagai marketing. Dalam hal ini sisi psikologis target pasar, yaitu rasa takut.

Advertisements
rasa takut

Ada satu bentuk promosi yang bisa dipakai sebagai marketing. Dalam hal ini sisi psikologis target pasar, yaitu rasa takut.

Rasa takut bisa tersamar dalam berbagai hal. Apakah rasa takut dengan masa depan, apakah rasa takut mengalami sakit, apakah rasa takut dengan keamanan, apakah rasa takut ketinggalan informasi atau trend, maupun rasa takut terhadap hal-hal di luar nalar.

Anda bisa melihat film-film horror yang laris di bioskop; seminar-seminar tentang kekayaan dengan peserta yang membludak; jumlah pengguna asuransi mobil yang naik setelah banjir besar melanda Jakarta; produk-produk suplemen kesehatan yang dicari banyak orang; bahkan Kafi Kurnia, pengarang buku Anti Marketing sampai berlangganan 5 koran dan 2 majalah karena rasa takut ketinggalan berita.

Yang menggelitik adalah rasa takut ketinggalan trend. Ada toko di Sydney yang khusus mencarikan sepatu-sepatu model terbaru dari seluruh pusat mode dunia, ataupun komunitas khusus perusahaan Sony untuk para pelanggannya yang superkaya berupa pemberitahuan produk elektronik terbaru sebelum dirilis ke pasar. Mereka berhasil memanfaatkan ceruk potensial pelanggan dalam hal trend atau mode.

Tetapi pada akhirnya orang akan memilih satu produk yang bisa dipercaya. Misalnya orang yang takut kelihatan tua kemudian mencoba berbagai macam produk sebelum akhirnya memilih hanya satu produk karena (takut) efek samping berbagai produk kosmetika, atau orang yang memilih tidak mengkonsumsi terlalu banyak suplemen karena (takut) merusak organ hati.

Masak rasa takut itu, beri bumbu, kemas dengan kemasan menarik, kemudian jual.

Disarikan dari buku Kafi Kurnia, Anti Marketing.

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s