HARUSKAH MENEKUNI SESUATU SESUAI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN?

Mungkin kuncinya adalah satu.

Advertisements

Pertanyaan ini muncul begitu saja. Haruskah kita berkarier sesuai yang kita mampu ataukah mencoba semua hal, baik yang mampu ataupun yang tampaknya begitu sulit kita lakukan? Sebetulnya apa yang menjadi tolak ukur ketidakmampuan kita? Apakah ketika hari pertama kita berjualan tiba-tiba hujan turun dan tidak ada pembeli sehingga kita berkata : ‘Ah, aku kayaknya gak bisa jualan di bidang ini.’, atau ketika masalah mulai muncul, kita akan menggunakan pembenaran seperti : ‘Tuh khan? Mana mungkin aku yang hanya lulusan SD/SMP/SMA/ S Teler/S Mambo/S Duren (nyamm..) bisa melakukannya?’ Sounds familiar, eh?

Mungkin kuncinya adalah satu. Yaitu di gairah. Ada satu teman yang berkisah ketika kuliah, dia tidak tahu cara mengoperasikan komputer, sampai skripsi pun dibantu oleh temannya. Setelah selesai kuliah dia mulai belajar tentang sistem internet network (dan dia menemukan passion-nya dalam proses belajar tersebut), sampai akhirnya dia menjadi juragan ISP (Internet Service Provider) dan warnet, bahkan cukup disegani di salah satu forum internet di Indonesia yang membahas internet karena komentar-komentarnya yang bermutu.

Sebelum Anda mulai menjatuhkan vonis tidak mampu, atau mulai mempertanyakan ‘Am I good at this?’ cobalah tanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda benar-benar perduli dan mempunyai gairah di dalamnya? Sehingga berfokus hanya pada kekuatan bukanlah jawaban mutlak, karena siapa tahu, di sisi kelemahan Anda, ada kekuatan tersembunyi.

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

1 thought on “HARUSKAH MENEKUNI SESUATU SESUAI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s