Bergerak Menuju Perubahan

Karena perubahan besar dimulai dari yang kecil…

Advertisements

Pusat pengkodean ulang perilaku-perilaku itu adalah cara berpikir yang menentukan cara bekerja. Ini adalah saatnya melakukan Re-Code Pikiran, dari hubungan yang berfokus pada kesalahan (problem-based) dan pasif (you tell them), menjadi lebih produktif dan berorientasi pemecahan masalah (solution-based) dan aktif (we ask them, they tell us). Jalankan berulang-ulang, maka terbentuklah keindahan manusia pada organisasi baru yang cerdas.

Rhenald Kasali. Re-Code Your Change DNA.

Pemikiran untuk berorientasi menyelesaikan masalah (problem solving oriented) daripada masalah itu sendiri saya dapatkan ketika bekerja sebagai manajer di sebuah rumah sakit. Waktu itu direktur tempat saya bekerja menganjurkan untuk melakukan hal itu pada setiap rapat. Baik rapat insidentil menyangkut kinerja karyawan, kasus-kasus medis, maupun rapat rutin antar manager dan direksi.

Di tempat di mana budaya menyalahkan orang lain supaya diri sendiri selamat, hal ini agaknya tidak mudah dilaksanakan. Bagai akar yang sudah lama merambat ke mana-mana sehingga akhirnya susah dicabut. Adanya budaya senior-junior dari jaman feodal dahulu. Adanya Power Syndrome dalam diri masing-masing individu membuat perubahan semakin jauh di mata (tapi dekat di hasrat untuk berubah, nah lho!?).

Manusia butuh sosok pemimpin yang bisa membawanya bergerak ke arah perubahan. Masih ingat slogan capres Amerika Serikat, Barrack Obama yang meneriakkan “Change!”. Masyarakat di sana memerlukan perubahan. Iya, perubahan menjadi lebih baik, lebih demokratis, lebih pro kerakyatan. Harapan perubahan itulah yang membawa Obama terpilih menjadi presiden berkulit hitam pertama di Amerika Serikat.

Demikian juga perubahan, yang dimulai dari struktur organisasi terkecil. Apakah itu hubungan antara penjaga toko dengan pemilik toko, apakah itu hubungan antara petugas cleaning service dengan manajernya, apakah itu hubungan seorang satpam dengan komandannya. Karena perubahan besar dimulai dari yang kecil (terutama dari diri sendiri dahulu). Dari kelompok-kelompok kecil ini akan menunjang suatu manajerial yang lebih besar, dan akhirnya menunjang suatu industri yang menunjang orang banyak pula.

Dan lakukan pula berulang-ulang. Habit is a process. Bagaimanapun juga tiap orang mempunyai sikap yang berbeda-beda terhadap perubahan. Ada yang antusias dan cepat tanggap. Ada yang menunggu. Ada pula yang skeptis dan tidak melakukan apa-apa. Tetapi kesemuanya tetap harus beradaptasi dengan perubahan, kalau tidak mau tersingkir dari arus kehidupan (yang tentunya selalu berubah).

Sudah siapkah Anda berubah?

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s