TIPS MEMILIH MODEL USAHA ANDA

Sebelum memulai suatu usaha, biasanya kita survey-survey dahulu bukan?

Advertisements

Sebelum memulai suatu usaha, biasanya kita survey-survey dahulu bukan? Survey supplier, survey lokasi, survey calon pelanggan, dan survey yang lain-lain. Tapi yang paling penting adalah bidang apa yang ingin Anda tekuni? Bidang apa yang sesuai dengan keahlian Anda? Bidang apa yang sesuai minat dan bakat Anda? Misalnya Anda suka kuliner dan kebetulan bisa memasak. Apabila disuruh memilih jualan makanan atau buka bengkel kemungkinan besar Anda akan memilih jual makanan bukan? (kecuali Anda juga suka otak-atik kendaraan, bisa-bisa malah lebih memilih buka bengkel. hehe..)

Sama seperti internet marketing. Anda harus memilih satu dari sekian banyak sumber income dari internet. Misalnya Anda suka menulis atau suka mengulas kelebihan/kekurangan suatu produk, ya mungkin Paid Review sangatlah cocok untuk Anda. Anda lalu menjawab : Masalahnya pak, banyak sumber yang bisa menghasilkan ratusan dollar per minggu bahkan perhari. Jadi saya mau jalankan semuanya saja. Betul bisa? Kalau Anda bisa ya silahkan. Kadang memilih suatu jenis usaha sendiri membutuhkan banyak waktu, banyak pertimbangan, malah akhirnya Anda jalan di tempat. Sama seperti saya yang hampir setahun mengumpulkan bahan dari seminar, dari internet, beli ebook, dan lain-lain. Nah setelah terkumpul semua malah bingung mau mulai yang mana. Haha..

Jadi tipsnya :

  1. Tahu yang Anda mau. Kenali diri Anda sendiri dahulu untuk menentukan bidang apa yang akan diambil. Analisis SWOT (STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS) Anda.

    analisa SWOT
  2. Usahakan tidak mengambil semuanya sekaligus. Lebih baik fokus pada satu bidang dahulu. Setelah Anda menguasainya baru Anda beralih ke bidang yang lainnya.
  3. Love what you do or do what you love? Kalau menurut saya idealnya ya do what you love. Lakukan yang Anda suka dahulu dengan begitu seberapapun susahnya Anda tetap semangat mengerjakannya. TetapiĀ  harus ada kompromi juga. Bila pasar tidak respons terhadap hasil karya Anda, sementara Anda bisa mengikuti selera pasar. Bila telah sukses dan dikenal banyak orang, Anda bisa menampilkan lagi idealisme Anda. Istilahnya gunakan sebagai batu loncatan

Bagaimana dengan Anda?

Dikumpulkan dari berbagai sumber

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s