BELAJAR DARI GOOGLE ADSENSE

google-adsense-logo

Dahulu, sebelum keluar konsep Adsense dari Google, orang mengiklankan produk mereka lewat Adwords, bahkan website dengan ranking rendah harus memasang iklan lewat jalur offline untuk mendapatkan respon yang nyata dari calon konsumen.

Dengan munculnya AdSense, orang dapat mengiklankan produk mereka di berbagai website yang sesuai dengan produk yang mereka jual. Konsumen yang tertarik pada produk tersebut dapat meng-klik untuk langsung tersambung dengan website produk itu, sedangkan pemilik website tempat iklan terpasang akan mendapatkan komisi dari Google. Semuanya diatur oleh Google.

Perusahaan tidak perlu menyewa tim pembuat iklan professional yang mahal. Cukup dengan beberapa kata menarik tentang bisnis mereka, kemudian mendaftar gratis di Google AdSense, maka iklan mereka akan terpampang di berbagai website. Sedangkan pemilik website harus membangun konten (isi) yang menarik, dan sesuai dengan yang akan di-iklankan. Untuk itu mereka mendapat ganjaran berupa komisi PPC (Pay Per Click) dari iklan yang ada di website mereka. Konsumen mendapatkan barang/jasa yang mereka cari, dan Google sendiri dengan ide briliannya mempertemukan konsumen yang membutuhkan dengan produsen menerima banyak pendapatan dari AdSense ini..

Dilihat dari segi bisnis, Google Adsense menguntungkan berbagai pihak. Dengan sistem bisnis seperti ini, Google mendominasi pasar iklan melalui intenet. Market Cap saham Google membludak, dan harga sahamnya melambung tinggi (termasuk tidak terlalu berpengaruh ketika terjadi US market crash di tahun 2007)

Apa pelajaran yang bisa diambil dari Google AdSense ini? Bahwa dengan membuat bisnis yang menguntungkan semua pihak, otomatis keuntungan jangka panjang akan mengikuti, atau dengan prinsip Win-Win Solution : Saya membuat Anda menang dahulu, saya otomatis menyusul menang.

Advertisements

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s