LHO, UDAH AKHIR BULAN TOH?

Yap; betul; yoi; iya nih; oouww; wah gawat!

Advertisements
waktu berlalu
waktu berlalu

Yap; betul; yoi; iya nih; oouww; wah gawat! Haha.. beragam komentar keluar dari mulut teman2 ketika aku bilang “lho, udah akhir bulan toh?”.

Jujur akupun agak sedih, takut, bingung, miris, menyesal, karena merasa telah melewatkan waktu (hampir 1 bulan lho mas!) sedemikian tak berasanya. Lha sebulan ini ngapain aja oom? Begitu tanya keponakanku yang masih SD. Langsung saja oomnya (yang ganteng, baik hati, rajin menabung, taat beribadah, halah..!!) ngeles dengan menjawab : wuih sibuk banget deh pokoknya. Padahal..

Kadang aku merasa waktu berasa terlalu cepat berlari meninggalkan aku yang masih terpana, masih merenung, masih berkaca pada hari kemarin, minggu kemarin, bulan kemarin, masih berangan-angan kalau begini bulan depan, kalau begitu tahun depan (lha waktu sekarang gak dipikirin?!). Saat pertanyaan ini keluar, langsung panik, stress, yah perasaan yang sama setiap kali ujian sekolah / kuliah di depan mata padahal belum tahu apa-apa.. waks gawat! Meskipun akhirnya bisa lulus, tetap merasa menyesal karena tidak benar-benar serius mempelajarinya.

Mungkin sama halnya dengan kehidupan. Ketika kita terlena, bermalas-malasan dengan kenyamanan yang membutakan, tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, tidak mau berusaha (itulah kenapa mereka disebut pengusaha), masih bergantung pada orang lain, masih menyepelekan segala hal, kita akan menyesal di kemudian hari. Saat kita sudah bertambah tua, saat kita sudah tidak bisa melakukan banyak hal karena batasan-batasan fisik, maupun batasan-batasan yang kita buat sendiri.

Pertanyaanku pada diri sendiri menjadi : sudah dekatkah aku akan tujuan hidupku? Sudah dekatkah aku pada cita-citaku? Apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan apa yang bisa aku lakukan untuk mencapainya, setahap demi setahap?

Dan pertanyaan terpenting : Maukah Anda (saya) menjadi seperti orang tua yang menyesali hidupnya?

A journey of a thousand miles begin with a single step. – Lao Tzu

Time is equal to life; therefore, waste your time and waste of your life, or master your time and master your life. – Alan Lakein.

Until we can manage TIME, we can manage nothing else. – Peter F. Drucker

Author: Ron Leon

Dokter umum, pengusaha apotek, supplier batu split, supplier kerajinan batu marmer, supplier kotak kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s